Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan

Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan - Hallo sahabat Catatan Agni Prianoto, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan


Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan

Makna Pembangunan Berkelanjutan
Pembangunan berkelanjutan adalah pola pembangunan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengabaikan kebutuhan generasi mendatang (World Commission Environmental an Development, 1987).

Ungkapan yang berbunyi:
without jeopardizing the ability of the future generations to meet their own needs  
  • meliputi 4 aspek penting, yaitu:
  • Kiat untuk meminimasikan pemanfaatan dan pemborosan sumber daya yang tidak terbarukan (non renewable resources) termasuk di dalamnya melakukan penghematan bahan bakar minyak dan mengusahakan peningkatan substitusi renewable resources
  • Meminimasikan dan menghindarkan pemborosan aset kultural, historis dan natural yang tidak terbarukan di kawasan kota, seperti jalur hijau, tempat bermain dan tempat rekreasi. 
  • Pemanfaatan yang lestari (sustainable use) dari renewable resource 
  • Penangan limbah padat dan cair di kota agar diupayakan dapat diproses dengan baik sehiangga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan di kota itu sendiri (intra frontier dimension) maupun terhadap kehidupan di sekitar kota dan di daerah lain (inter frontier dimension). 

Dimensi Pembangunan Berkelanjutan
  • Intra Generative Dimension Merupakan dimensi pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan generasi sekarang.
  • Inter Generative Dimension Merupakan dimensi pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan generasi yang berbeda. Sebagai contoh dari dimensi ini adalah ungkapan :”Sumberdaya alam adalah pinjaman anak cucu dan bukan warisan nenek moyang

Demikianlah Artikel Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan

Sekianlah artikel Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Makna Pembangunan Berkelanjutan dengan alamat link https://catatanagni.blogspot.com/2019/04/pengertian-dan-makna-pembangunan.html

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan Sesuai Tema Pembahasan.